Medan, 28 Januari 2020, Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mendapatkan kepercayaan menjadi Pembicara dan Trainner aplikasi Sisakti pada Pelatihan SPMI dan SISAKTI yang diadakan Universitas Dharmawangsa Medan pada hari Selasa, 28 Januari 2020 di Aula Universitas Dharmawangsa Medan. Kegiatan Pelatihan ini langsung dibuka oleh Rektor Universitas Dharmawangsa Dr.H.Kusbianto,SH.,M.Hum, WR I H. Jhon Simon,S.Sos.,M.Si, WR II Eddy Iskandar SE, MM , Ketua Lembaga Penjaminan Mutu T.Syahril Daoed, SE.,MM, kepala Prodi, Koordinator Unit Jaminan Mutu, Ketua Kendali Mutu dan Operator Tingkat Fakultas yang ada di Universitas Dharmawangsa. Adapun Badan Penjaminan Mutu UMSU yang menjadi pembicara yaitu Ibu Isnina, SH.,MH, Ibu Syafrida Hani, SE.,M.Si dan Bapak Rahmad Syukur.,SP.,MP.
Pada kesempatan ini Rektor Universitas Dharmawangsa Bapak Dr.H.Kusbianto,SH.,M.Hum mengucapkan terima kasih kepada para pembicara dan pengembang aplikasi SISAKTI karena telah dapat hadir memenuhi undangan pihak universitas. Adapun pelatihan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pelatihan teknis agar Lembaga Penjaminan Mutu dan para pimpinan Prodi dapat memahami akan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang diintergrasikan kepada aplikasi SISAKTI yang beberapa waktu lalu di lounching oleh LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara. Dan pihak rektorat juga berharap universitas dharmawangsa dapat memahami SPMI dengan baik sesuai dengan permintaan pada butir kriteria 9 yang ada di LKPS,LKPT dan LED.
Pada Kesempatan yang sama Badan Penjaminan Mutu UMSU yang diwakilkan oleh Ibu Isnina, SH.,MH dan juga sebagai salah satu pengembang aplikasi SISAKTI menyatakan bahwa hal pertama yang harus disiapkan oleh seluruh jajaran Universitas, Fakultas dan Program Studi adalah Dokumen SPMI. Apalagi kebutuhan akan LKPS dan LKPT bertumpuan pada aktifitas Prodi dan Fakultas, maka lumbung dokumen merupakan Prodi dan Fakultas. Kalau Dokumen SPMI itu harus dipahami dengan memaknai peraturan-peraturan pemerintah yang berisikan dokumen Mutu seperti Standar Mutu, Standar Operasional, Instruksi Kerja, Dokumen Audit dan lain-lain. Dan ini menjadi tugas penting bagaimana Lembaga Mutu yang ada di Universitas dapat terintegrasi. Adapaun menyinggung tentang aplikasi “SISAKTI” dirancang untuk Universitas di lingkungan LLDIKTI Wilayah I agar dapat melaporkan dan menyimpan dokumen SPMI dengan baik dan tersistem dan agar Pimpinan LLDIKTI Wilayah I dapat melihat dan mengontrol seluruh perkembangan mutu yang ada di seluruh Universitas Swasta di Sumatera Utara.