Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada hari Selasa, 26 November 2019 bertepatan pada 29 Rabiul Awwal 1441 Hijriah Kedatangan Tim LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi PEMETAAN MUTU PELAKSANAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI LLDIKTI WILAYAH I SUMATERA UTARA TAHUN 2019. Pada monitoring ini dihadiri oleh Badan Pimpinan Harian (BPH), Pimpinan Universitas, Dekanat, Program Studi dan seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dan tim monitoring ini dipimpin langsung oleh Penanggung Jawab Monitoring Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah I Ibu Dr. Mahriyuni.,M.Hum, Ketua Monitoring Prof. Dr. Ir. Ahmad Rafiqi Tantawi.,MS, Anggota Monitoring Ir. Robert Tua Siregar,.Ph.D dan Ibu Yulisna.,SH.
Monitoring dan Evaluasi ini merupakan bagian dari Sistem Penjaminan Mutu, melihat bagaimana perkembangan mutu dan kemajuan sebuah universitas. Pada dasarnya perjalanan sebuah Universitas dapat dilihat dari sejauh mana Universitas itu mampu meningkatkan mutu setiap waktunya. Menurut Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr. Rudianto, M.SI Beliau menyatakan didalam kata sambutannya bahwasanya kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan oleh TIM LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara merupakan bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Eksternal. Dalam kata lain Mutu Universitas kita perlu juga harus di Monitoring dan Evaluasi oleh Badan atau instansi terkait yang memiliki Kompetensi termaksud LLDIKTI. Monitoring dan Evaluasi ini merupakan bagian terpenting yang nantinya akan menjadi pembelajaran dalam perkembangan UMSU kedepannya. Pada saat ini UMSU merupakan salah satu Universitas Swasta Di Sumatera Utara yang mendapatkan Predikat A untuk Universitas dan 9 Program Studi juga mendapat A. Hal ini lah yang menjadi motivasi kita kedepannya melalui Monitoring dan Evaluasi ini untuk menjadikan World Class University di 2033 sesuai dengan Roadmap yang telah kita rencanakan. Maka dari itu seluruh aktivitas dan pengembangannya, UMSU Telah melakukan beberapa aktifitas internasionalisasi dalam kemajuan Universitas baik melakukan MOU dan implementasi MOA sesuai dengan predikat Tridharma Perguruan Tinggi.

Sedangkan Menurut Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah I Ibu Dr. Mahriyuni.,M.Hum didalam kata sambutannya sebagai pembuka dari Tim Monitoring, beliau menyatakan bahwa maksud dan tujuan dari adanya monitoring dan Evaluasi ini adalah sebagai bentuk Controling dan Pemantauan terhadap seluruh Universitas Swasta yang ada di Sumatera Utara. Karena permasalahan dasar yang terjadi di seluruh Universitas yang ada di Indonesia dan Khususnya di Sumatera Utara adalah tentang penjaminan mutu. Universitas tersebut harus mampu mempertahankan dan meningkatkan MUTU nya melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal yang di implementasikan berasaskan Tridarma Perguruan Tinggi. Instrument Monitoring dan Evaluasi ini menggunakan 7 Standar APT Yang telah disusun oleh Tim Yang telah dibentuk oleh LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara. Maka pada saat ini Tim ingin melihat kesiapan yang telah dimiliki UMSU berdasarkan Instrumen Borang 7 Standar APT. Pada kesempatan lainnya Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah I Ibu Dr. Mahriyuni.,M.Hum mengatakan UMSU merupakan Satu-satunya Universitas Swasta di LLDIKTI Wilayah I yang mendapatkan Predikat Akreditasi A.

Perkembangan UMSU begitu cepat dalam beberapa tahun terakhir baik perubahan fisik kampus, jumlah mahasiswa dan prestasi mahasiswa dan dosen. Oleh karena itu UMSU merupakan salah satu kebanggan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara. Karena disetiap pertemuan di Nasional dan Internasional kami bangga menyatakan UMSU sebagai salah satu contoh Universitas yang memiliki perkembangan yang cukup baik di Wilayah kami, tuturnya. Kegiatan Monitoring berlangsung pada pukul 09.00 hingga pukul 16.45 WIB

Share.

About Author

Leave A Reply