Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (BPM UMSU) melaksanakan pelatihan penyusunan borang akreditasi program studi dan fakultas di lingkungan UMSU pada tanggal 1 s/d 2 Maret 2017 di Ruang Rapat Penjaminan Mutu. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor 1 Dr. Muhammmad Arifin Gultom, SH., M.Hum.

Ketua Badan Penjaminan Mutu, Dr. Yan Hendra, M.Si menyampaikan bahwa pelatihan ini membahas mengenai teknis tujuh standar serta mekanisme penyusunan Borang 3A dan 3B  serta Evaluasi Diri. Lebih lanjut Dr. Yan Hendra, M.Si mengatakan bahwa, setiap standar memiliki keterkaitan dengan standar lainnya. Sebagai contoh, asesor akan menilai apakah ada keterkaitan antara visi misi program studi dengan proses pembelajaran dan kurikulum yang dijalankannya.

Seluruh Gugus Penjaminan Mutu, Unit Penjaminan Mutu dan Ketua Program Studi  serta Pimpinan Fakultas hadir dalam kegiatan pelatihan ini. Hal ini diharapkan sebagai modal awal untuk membentuk tempalate penyusunan borang akreditasi periode selanjutnya.

Dr. Yan Hendra, M.Si menjelaskan bahwa prinsip penyusunan borang sesungguhnya menceritakan kondisi prodi di masa lalu, masa kini dan masa depan. Lebih lanjut dalam penjelasanya, penilaian yang dilakukan asesor tidak akan terfokus dengan apa yang dituliskan didalam borang, tetapi situasi dan kondisi yang ada di fakultas maupun universitas pada saat visitasi akan mempengaruhi penilaian yang diberikan.

 

Share.

About Author

Leave A Reply